Senin, 22 Mei 2017

senam ibu hamil



Senam Ibu Hamil, Cara dan Contoh Gerakan

Masa kehamilan adalah periode yang sangat berkesan untuk seorang wanita. Banyak pengalaman luar biasa dari proses kehamilan hingga persalinan. Ibu Hamil, apalagi kehamilan pertama adalah newbi, bingung dan cemas pasti dialami.
Semua wanita yang ada di dunia ini tentunya ingin sekali memiliki bayi dengan kondisi kandungannya yang sehat tanpa ada kekurangan apapun. Terlalu malas gerak kurang baik, begitupun jika terlalu capek.
Seorang ibu hamil membutuhkan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup serta olah raga tubuh dengan sesuai takarannya agar kondisi si ibu bisa tetap sehat dan bugar. Sehingga dengan posisi tubuh yang sehat dan bugar, pastinya seorang ibu yang hamil akan bisa melakukan kegiatan sehari-hari secara rutin seperti biasanya. Melakukan senam bagi ibu yang sedang hamil ini akan bisa membantu dalam melakukan persalinan nantinya, dan juga bisa membantu untuk menghilangkan rasa stress menjelang persalinan pada si ibu.

BACA: Perkembangan Janin Usia 6 Bulan (Yang di Aalami Ibu Hamil dan janin, USG dan Tips Penting)

Berbagai macam jenis olah raga tubuh bagi ibu hamil, yang paling sesuai dan cocok adalah senam ibu hamil. Jenis olah raga ini akan disesuaikan dengan perubahan bentuk fisik pada tubuh seperti halnya perubahan organ genital, posisi perut yang semakin membesar, dan perubahan yang lainnya. Sehingga dengan melakukan senam untuk ibu yang sedang hamil ini, seorang ibu yang hamil akan bisa menjaga kesehatan pada tubuh serta janin yang ada dikandungannya secara optimal.
Berbagai macam gerakan untuk senam hamil ini akan melatih gerakan dalam mempersiapkan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Dan senam hamil ini juga akan bisa digunakan sebagai terapi untuk melatih proses persalinan cepat, spontan dan aman.
Akan tetapi, sebelum melakukan gerakan senam untuk ibu hamil, anda yang hamil sebaiknya melakukan gerakan-gerakan dasar untuk pemanasan. Gerakan-gerakan dasar ini dilakukan agar peredaran darah pada tubuh bisa meningkat, serta oksigen yang akan diangkut ke otot-otot pada tubuh dan jaringan anda bisa bertambah banyak. Dan gerakan dasar ini juga bisa mengurangi terjadinya luka/kejang sebelum melakukan gerakan yang aktif.

Awas!!, Buah Berikut Ini Bisa Menyebabkan Keguguran

Waktu yang tepat untuk melakukan gerakan senam ibu hamil adalah saat ibu mengandung di usia 6 bulan ke atas. Ini dilakukan agar ibu yang hamil sudah terbiasa dengan gerakan-gerakan saat proses persalinan nantinya, dan gerakan ini juga akan membantu dalam proses persalinan secara aman, normal dan spontan. Nah, bagi anda yang ingin melakukan senam hamil ini, anda diwajibkan berkonsultasi dulu pada bidan atau dokter kepercayaan anda, sehingga anda bisa mendapat izin dari dokter atau bidan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar